Sabtu, 14 Mei 2011

STRUKTUR ORGANISASI

Struktur organisasi adalah pola tentang hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi. Pada organisasi formal struktur direncanakan dan  merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif. Sedangkan padaorganisasi informal, struktur organisasi adalah aspek sistem yang tidak direncanakan dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.

Struktur organisasi-organisasi memberikan kerangka yang menghubungkan wewenang karena struktur merupakan penetapan dan penghubung antar posisi para anggota organisasi. Jika seseorang memiliki suatu wewenang, maka dia harus dapat mempertanggungjawabkan wewenangnya tersebut.

Pada umumnya orang akan menganggap struktur sama dengan desain
organisasi. Sesungguhnya desain organisasi merupakan proses perkembangan hubungan dan penciptaan struktur untuk mencapai tujuan organisasi. Jadi struktur merupakan hasil dari proses desain. Proses desain merupakan suatu kegiatan yang bersifat kontinu dan dirancang oleh manajer. Apapun bentuk atau hasil dari proses desain tersebut, para perancang desain organisasi harus merancang sebuah organisasi yang dapat membuat organisasi tersebut tetap bertahan hidup. Selain itu pemilihan desain organisasi tersebut akan menentukan besar kecilnya organisasi. Setiap ukuran organisasi akan memberikan keuntungan masing-masing, namun diharapkan tercapainya tujuan organisasi dan juga eksistensi dari organisasi.



BAGIAN DASAR ORGANISASI

Henry Mintzberg mengatakan bahwa ada 5 bagian dasar organisasi yaitu :

1. The Operating Core.
Yang termasuk disini adalah para pegawai yang
melaksanakan pekerjaan dasar yang berhubungan dengan produksi barang
dan jasa.

2. The Strategic Apex
Yang termasuk di dalam bagian ini adalah manajer
tingkat puncak (top management)

3. The Middle Line
Yang termasuk di dalam bagian ini adalah para manajer
yang menjembatani manajer tingkat atas dengan bagian operasional

4. The Technostructure.
Yang termasuk dalam bagian ini adalah mereka
yang diserahi tugas untuk menganalisa dan bertanggung jawab terhadap
bentuk standarisasi dalam organisasi.

5. The Support Staff. Yang termasuk disini adalah orang-orang yang
memberi jasa pendukung tidak langsung terhadap organisasi ( orang-orang
yang mengisi unit staff)


MACAM-MACAM DESAIN ORGANISASI

Secara garis besar terdapat 5 macam desai organisasi. Yaitu struktur
sederhana, birokrasi mesin, biokrasi professional, struktur divisional, dan
adhocracy.
  • Desain organisasi yang berupa struktur sederhana didominasi oleh strategic apex dan memiliki tingkat sentralisasi yang sangat tinggi dalam melakukan kontrol. Struktur sederhana bersifat simpel tetapi terbatas penggunaannya, yakni pada perusahaan yang kecil ukurannya. Desain organisasi ini memiliki kelemahan tidak dapat digunakan dalam organisasi yang kompleks, paling beresiko karena kepemimpinan tersentralisasi, tergantung pada satu orang saja.
  • •Desain organisasi beruka birokrasi mesin didominasi oleh para technostructure dan kontrol yang dilakukan melalui standarisasi. Struktur tipe ini mampu menampilkan aktivitas yang berstandarisasi dengan tindakan yang sangat efisien. Struktur tipe ini efektif digunakan pada perusahaan yang menggunakan teknologi mesin dalam melaksanakan kegiatannya, sehingga mudah distandarisasi, lingkungannya simpel dan stabil, serta dapat digunakan pada perusahaan besar.
  • •Desain organisasi berupa birokrasi profesional memiliki konsep kunci, yaitu mengkombinasikan standarisasi dan desentralisasi. Operating core mendominasi desain organisasi ini karena mereka memiliki keahlian kritis yang diperlukan organisasi, dan mereka memiliki otonomi untuk menerapkan keahlian mereka, sehingga konsep kunci desain ini dapat terlaksana. Kelebihan struktur ini dapat menampilkan tugas secara terspesialisasi dan efisien secara bersama. Struktur ini biasanya dipakai pada organisasi besar dengan lingkungan yang kompleks dan stabil, menggunakan teknologi rutin, yang berinternalisasi melalui profesionalisme.
  • •Desain organisasi yang berupa struktur divisional yang didominasi oleh manajer tingkat menengah. Struktur ini terdiri dari kesatuan yang terdiri dari unit-unit yang memiliki otonomi tinggi dan masing-masing unit birokrasi mesin dan dikoordinasi oleh masing-masing kepada divisi (manajer tingkat menengah ). Kepala divisi bertanggung jawab terhadap produk dan jasa secara penuh. Tipe ini cocok digunakan dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan jasa secara penuh. Tipe ini cocok digunakan dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan pasar yang beraneka ragam. Lingkungan yang cocok untuk struktur jenis ini adalah lingkungan yang simpel dan stabil.
  • •Desain organisasi adhocracy bersifat sangat fleksibel, standarisasinya rendah, dan sangat terdesentralisasi. Hierarkinya rendah tetapi departementalisasinya sangat tinggi. Struktur jenis ini hampir sama dengan birokrasi-birokrasi profesional, karena keduanya memperkejakan orangorang profesional. Struktur ini menggunakan teknologi non-rutin, cocok untuk organisasi dengan lingkungan yang sering berubah dan memiliki resiko yang tinggi. Kekuasaan pada struktur ini tidak berdasarkan posisi seseorang, tetapi berdasarkan keahlian yang dimiliki.
Dari macam-macam desain organisasi diatas nampak bahwa struktur
organisasi berdasarkan ukurannya terbagi dalam 2 kelompok yaitu :

o Organisasi kecil : Struktur organisasi sederhana/ tradisional, dimana
banyak terdapat banyak kelemahan yang dapat mengancam eksistensi
organisasi dan keberhasilan dalam mencapai tujuan.
o Organisasi besar : Disebut juga birokrasi ataupun organisasi modern
yang ideal penggunaannya dalam desain organisasi.

STRUKTUR ORGANISASI SEDERHANA DAN STRUKTUR ORGANISASI MODERN

Interaksi antara berbagai organisasi di dalam masyarakat manapun pada
hakekatnya tidak pernah diatur ekslusif menurut satu pola saja. Hal ini disebabkan karena kebutuhan masyarakat selalu beraneka ragam sehingga di dalam masyarakat semua interasi organisasi tidak mungkin di padukan menurut satu pola, karena masing-masing masyarakat memiliki ciri atau perbedaan sendiri dalam mengkombinasikan berbagai tujuan yang ingin dicapainya. Di dalam masyarakat pada kenyataannya terdapat berbagai bentuk organisasi dan ada juga organisasi yang besar / modern (biasanya berbentuk birokrasi). Pada bentuk organisasi tradisional / kecil biasanya tidak terdapat pembagian kerja yang sistematis, spesialisasi, standarisasi, maupun stabilitas. Kegiatan organisasi di dalam unit sosial tradisional seringkali tidak cukup kebal terhadap faktor pertimbangan yang tidak relevan, stratifikasi, maupun ikatan kekeluargaan sehingga akibat.

KEUNGGULAN STRUKTUR ORGANISASI BESAR (BIROKRASI)

Birokrasi adalah jenis struktur organisasi yang paling banyak digunakan
dimuka bumi ini.
Pendapat awal tentang birokrasi dicetuskan oleh max weber ini mempunyai
ideal rypenya yang terkenal. Model birokrasi dari max weber ini mempunyai 7
karakteristik, yaitu :

1. pembagian kerja. Pekerjaan dari setiap orang dipecah-pecah sampai
kepekerjaan yang sederhana, rutin dan ditetapkan dengan jelas. Hal ini
berbeda dengan struktur organisasi kecil yang pembagian kerja tidak jelas
dan seringkali satu orang menjalankan beberapa fungsi sekaligus.

2. hieraki kewenangan yang jelas. Sebuah struktur multi tingkat yang formal,
dengan posisi hieraki atau jabatan, yang memastikan bahwa setiap jabatan
yang lebih rendah berada dibawah supervise dan kontrol yang lebih tinggi.

3. formalisasi yang tinggi. Ketergantungan kepada peraturan dan prosedur
formal untuk memastikan adanya keseragaman dan untuk mengatur
prilaku pemegang pekerjaan.

4. bersifat tidak pribadi (impersonal). Saksi-saksi diterapkan secara seragam
dan tanpa perasaan pribadi. Hal ini untuk menghindari keterlibatan
individual dan preferensi pribadi para anggota.

5. pengambilan keputusan mengenai penempatan pegawai yang didasarkan
atas kemampuan. Keputusan tentang seleksi dan promosi didasarkan atas
kualifikasi teknis, kemampuan dan prestasi calon.

6. jejak karier bagi para pegawai. Para anggota diharapkan mengejar kerier
dalam organisasi. Sebagai imbalan atas komitmen terhadap karier
tersebut, pada pegawai akan mempunyai masa jabatan.

7. kehidupan organisasi yang dipisahkan dengan jelas dari kehidupan
pribadi. Kebutuhan dan minat pribadi dipisahkan sepenuhnya agar
keduanya tidak mencampuri sikam impersonal pada aktivitas organisasi
yang bersifat rasional.

Suatu organisasi dibentuk dapat menjadi unit social yang paling efektif dan
efisien. Dimana organisasi yang diharapkan adalah organisasi yang efektif dan efisien dalam memenuhi tujuan dari organisasi tersebut.Sebagaimana diketahui bahwa dalam masyarakat modern, semakin banyak organisasi yang terdiri dari jenis organisasi yang besar. Mereka merasa perlu menciptakan lebih banyak lagi sarana untuk mengatur interaksi ekonomi maupun non ekonomi di dalam berbagai organisasi sehingga akan tercapai kepuasan, efektivitas dan mempererat hubungan antara organisasi tersebut.
Sedangkan jika organisasi itu masih bersifat tradisional / sederhana (berstruktur kecil) maka hampir semua fungsi organisasinya akan dilaksanakan oleh keluarga yang sudah berkembang atau yang dipimpin kepala keluarga. Struktur Tradisional ini walaupun bersifat simpel tetapi terbatas penggunaanya pada perusahaan yang kecil ukurannya.Sehingga dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi yang kecil itu tidak selamanya baik. Artinya kecil itu indah hanya sebuah mitos.





REFERENSI

ocw.usu.ac.id/course/...keorganisasian/12_struktur_organisasi
http://www.karantinahewansby.org/?page_id=19

0 komentar:

Poskan Komentar